01 Juni 2009

Hari Pendidikan Nasional


Tanggal 2 Mei adalah hari Pendidikan Nasional. Hari dimana Pendidikan di Indonesia terlahir. Bertepatan pula dengan hari lahirnya Tokoh Pendidikan Nasional yaitu Ki Hajar Dewantara dengan nama asli Raden Mas Soewardi. Beliau mendirikan Taman Siswa, yaitu sekolah kerakyatan yang terletak di Yogyakarta. Ditengah penjajahan Belanda, Beliau sempat menulis artikel yang intinya memprotes kebijakan-kebijakan Belanda yang bersifat menghalang-halangi kemajuan bahkan terkadang membunuh Pendidikan di Indonesia.

Untuk mewujudkan dan membangun dunia pendidikan di Indonesia yang sedang diusahakannya dalam penjajahan Belanda beliau memakai semboyan "Ing Ngarsa Sun Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa.

Kali ini Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2009 mempunyai arti penting dalam bidang Pendidikan Nasional. Memasuki abad ke 21 ini, pendidikan mempunyai arah tujuan yang jelas, yaitu memartabatkan manusia Indonesia di kancah Internasional. Begitu juga baru saja siswa-siswi kelas 3 SMA dan SMP disusul dengan kelas 6 SD melaksanakan ujian nasional serta UASBN.

Permasalahan lemahnya semangat para siswa harus disikapi secara serius oleh semua pihak baik para orang tua siswa, para teknisi pendidikan dan pemerintah. Ada baiknya duduk dalam satu meja untuk mencari solusi yang tepat dalam memajukan pendidikan nasional. Apabila di ajak secara langsung membahas tentang hal itu, lebih baik dan masing - masing mempunyai rasa tanggung jawab untuk menjawab tantangan bangsa ini ke depan dalam membangun pendidikan Indonesia yang lebih maju, bermartabat dan setara dengan bangsa lain dalam ilmu pengetahuan.

“Maju Terus Pendidikan Nasional, lanjutkan cita-cita para pendiri Bangsa ini’

1 komentar:

  1. Yang di depan jadi contoh, yang di bawah bahu-membahu, bersamasama menggapai masa depan cerah

    BalasHapus